Kisah Empat Malaikat Agung Dalam Berbagai Tradisi dan Keagamaan

Tulisan saya kali ini tentang Kisah Empat Malaikat Agung Dalam Berbagai Tradisi dan Keagamaan, karena semua karakter, nama, dan kekuatan dari Malaikat agung itu bersumber dari berbagai tradis dan keagamaan. Berikut laporan saya :

Archangel adalah malaikat tertinggi. Kedudukannya lebih tinggi di antara para malaikat yang lainnya.
Archangel dapat ditemukan melalui sumber dari beberapa religi, antara lain Kristen, Islam, Yudaisme, Zoroastrianisme, dan Wecca. Semua Archangel pada umumnya diakhiri dengan akhiran "el" yang berarti Tuhan dalam bahasa Ibrani. Mereka adalah Mikael, Gabriel, Raphael dan Azazel.
Di serial ini Arcangels merujuk kepada 4 Malaikat Agung yang berasal dari klan dewi, mereka adalah Ludociel (Gabriel), Sariel (Raphael), Tarmiel (Mikhael) dan Mael (Azazel)

The Four Archangels「四大天使 Yon Daitenshi」adalah 4 pejuang terkuat dari klan dewi, dibentuk oleh Mahadewi (Ibu Elizabet), beliau menganugrahi setengah kekuatan nya yang kemudian dibagikan kepada setiap anggota 4 malaikat agung. Satu malaikat agung setara dengan 2 orang anggota 10 perintah,

===========================
Ludociel「リュドシエル」 Nama nya berasal dari bahasa Perancis dari kata "Ludovic" yang berarti "Prajurit Tangguh" dan dari kata "EL" yang dalam bahasa Ibrani berarti "Tuhan," jadi nama Ludociel bernakna  "Prajurit Tuhan yang tangguh." Dia adalah pemimpin dari 4 malaikat agung dianugrahi kekuatan petir. Dalam tradisi keagamaan,

Tokoh ini berasal dari karakter dalam tradisi keagamaan bernama Malaikat Gabriel atau Jibril dalam bahasa Arab dia adalah malaikat agung yang bertanggung jawab menyampaikan wahyu Tuhan kepada semua nabi, termasuk menyampaikan ayat-ayat Al-Qur'an kepada Muhammad dan membimbingnya untuk mendaraskannya. Berbagai Hadits menyebut peranannya menyampaikan warta dari "Tuhan Yang Maha Kuasa" kepada nabi-nabi. Dalam agama Islam Jibril adalah pemimpin para malaikat. Di ajaran kristen malaikat Gabriel, yang namanya berarti, “kekuatan Tuhan” menyampaikan kabar kepada Santa Perawan Maria bahwa ia telah dipilih menjadi Bunda Sang Juruselamat.

Kekuatan petir yang dimilikinya, tampaknya berasal dari kisah Malaikat, Ramiel. Dalam kitab apokrif Henokh,(Idris) Dia adalah pemimpin malaikat pengintai Ke-6 yang jatuh ke bumi. Ramiel berarti "Thunder of God", berasal dari bahasa Ibrani elemen Ra'am (Petir) an El merupakan "Tuhan".
 Ada 20 pemimpin dalam Kitab Henokh, juga disebut di 1 Henokh. Bagian yang menyebutkan mereka berbunyi:
➤ayat ke - [7]. Dan ini adalah nama-nama pemimpin mereka: Sêmiazâz, Arâkîba, Râmêêl, Kôkabîêl, Tâmîêl, Ramiel, Danel, Êzêqêêl, Barâqîjâl, Asael, Armârôs, Batârêl, Anânêl, Zaqîêl, Samsâpêêl, Satarêl, Tûrêl, Jômjâêl, Sariel. ➤ayat ke -[8]. Mereka masing-masing memimpin 10 malaikat. "
(- RH Charles terjemahan, Kitab Watchers, Bab VI.")

Teori kedua yang masih berkaitan dengan kekuatannya, adalah bersumber dari Malaikat yang bernama Baraqiel , dia adalah Watcher ke-9 dan memimpin 200 malaikat yang jatuh yang disebutkan dalam sebuah karya kuno yang disebut Kitab Henokh. Namanya berarti "petir Allah", sangat pas karena telah dikatakan bahwa Baraqiel mengajarkan manusia ilmu astrologi selama zaman Jared / Yered.

========================

Sariel「サリエル」 adalah satu anggota 4 malaikat agung yang berkekuatan angin. Dalam tradisi keagamman dia adalah Malaikat Raphael yg melambangkan unsur Angin. Nama Israfil diterjemahkan ke dalam bahasa Ibrani menjadi Rafael. Dalam kitab Tobit, Raphael artinya Tuhan yang menyembuhkan. Hal ini sangat sesuai dengan kemampuan penyembuhannya setelah terluka parah oleh serangan Monspeet dalam, bentuk Indura.

Nama "Sariel" berasal dari nama malaikat pengintai yang tertulis di kitab Henokh. Menurut Kitab Enoch/Henokh (Idris). Ada 200 malaikat yang jatuh ke Bumi, disebut "Fallen angels". Beberapa diantara mereka adalah kelompok "Pengintai"/The Watchers. The Watcher merupakan kelompok pengintai yang diutus Tuhan untuk memantau kehidupan dibumi secara langsung.
 Cucu Adam yang bernama Henokh mencatat dengan rinci kejadian itu, namun nama malaikat-malaikat yang ia catat hanya para pemimpinnya saja.


Sariel adalah salah satu malaikat terutama dari tradisi Yahudi. Mungkin versi lain namanya adalah Suriel, Suriyel (dalam terjemahan gulungan laut mati), Esdreel, Sahariel, juriel, seriel, Sauriel, Surya, Saraqael, Sarakiel, Jariel, Suruel, Surufel dan Sourial. Dalam 1 Henokh, ia adalah salah satu dari empat malaikat suci yang memiliki julukan "Keabadian dan kegentaran".

============
Tarmiel「タルミエル」adalah salah satu empat anggota malaikat agung yang berkekuatan Lautan. Dalam berbagai tradisi dan keagamaan Malaikat Mikael merupakan malaikat yang berunsur air.  Dikisahkan dalam ajaran kristen bahwa Mikhael, yang namanya berarti, “Yang Seperti Tuhan”, memimpin bala tentara malaikat yang mencampakkan Azazel dan para malaikat yang memberontak ke dalam neraka; pada akhir zaman, Mikhael akan menghunus pedang keadilan guna memisahkan yang baik dari yang jahat Mikhael (Mika'il dalam bahasa Arab). digambarkan sebagai malaikat agung kerahiman yang bertanggung jawab atas hujan, guruh, dan ajal manusia.

Nama "Tarmiel" kemungkinan besar berasal dari nama "Tamiel"  dia adalah malaikat yang jatuh yang merupakan Watcher ke-5 dan sala satu pemimpin 200 malaikat yang jatuh dalam Kitab Henokh. Namanya umumnya diterjemahkan sebagai "kesempurnaan Tuhan" (kombinasi tamiym dan El-Allah) tetapi Tamiel juga disebut Kasdeja atau Kasyade (berarti "pengamat dari tangan") dalam Kitab Henokh, Bab 69.  Tamiel mengajarkan anak-anak manusia tentang mengatasi semua serangan roh jahat, pengguguran embrio di dalam rahim, Serangan jiwa, gigitan ular, dan serangan ilmu sihir.

============
Mael「マエル」dia adalah salah satu dari empat Malaikat Agung, dalam tradisi dan keagamaan dia adalah Malaikat yang bernama Azrael merupakan unsur Api. Dalam ajaran islam Azrael  adalah Malaikat pencabut nyawa yang bernama Izra'il. Dalam banyak tradisi Azrael atau Azazel digambarkan sebagai malaikat penantang Tuhan. Dalam ajaran islam, kisah tersebut merujuk kjepada kisah Iblis sebelum pembangkangan kepada Tuhan, kala itu nama nya adalah Azazil. 


Azazel (Arab: عزازيل 'Azazil Hebrew: עֲזָאזֵל, Azazel) dahulu adalah salah satu malaikat yang menyembah Allah di antara jajaran para malaikat. Pada suatu waktu dia membantah perintah Allah untuk sujud kemudian menggoda Hawa untuk memakan buah dari pohon terlarang. pada saat itu ia berjanji untuk menggoda manusia ke dalam dosa dan memimpin mereka semua yang tersesat , mereka yang lalai dari tanda-tanda Allah (Tuhan). Kata Setan sendiri berarti "putus asa" dan Azazil sendiri berarti putus asa dari rahmat Allah, sehingga dia produktif dengan gelar itu. (Disadur dari buku Kisah Para Nabi karya Ibnu Katsir).

Nama "Mael" dan Kekuatan matahari nya berasal dari karakter Shamsiel juga dieja Samsâpêêl, Shamshel, Shashiel atau Shamshiel, adalah Watcher ke-8 dan pemimpin 200 malaikat yang jatuh yang disebutkan dalam sebuah kitab kuno yang disebut Kitab Henokh. Namanya berarti "Matahari Allah", yang sangat sesuai karena telah dikatakan bahwa Shamsiel mengajarkan pria lagu-lagu dari matahari setiap hari pada zaman Jared / Yered.  Beberapa orang babilonia berpendapat bahwa Shamash (dewa matahari Babilonia) dapat berbagi beberapa dasar mitologis dengan Shamsiel.
Dalam I Henokh dia adalah malaikat jatuh yang mengajarkan tanda-tanda matahari sebagai pengukuran waktu.

Dalam tradisi Ibrani, "Samael" adalah pangeran iblis dan algojo kematian atas perintah Tuhan. Samael memiliki hubungan dengan Adramelech, iblis kematian lainnya. Ketika Tuhan memerintah Ibrahim mengorbankan puteranya, Samael membujuknya untuk tidak mematuhi perintah itu. Sosok Samael memiliki sejarah dan peran yang cukup rumit dalam tradisi Angelologi Abrahamik. Selain diyakini sebagai malaikat suci, dia juga dipercaya sebagai sosok iblis. Dalam tradisi awal Judaisme, Samael dianggap sebagai malaikat kematian, salah satu dari tujuh Archangel, penguasa langit kelima, dan pemimpin dari 2 juta malaikat.
Seiring dengan munculnya konsep teologis Malaikat yang Jatuh dalam agama Abrahamik, wujud Samael dikaitkan dengan wujud iblis atau malaikat jahat. Kata Samael sebenarnya berasal dari nama kerajaan bangasa Aram di Syria pada abad ke-2 SM. Beberapa ahli mitologi mengaitkan namanya dengan "Dewa Murka" versi semitik dari kata Sama, Samana, atau Samavurti.

------------------------
Demikian apa yang bisa saya laporkan, segera sampaikan dan tulis segala ide dan komentar kalian. MusiXa-san salam dari Britania.


 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Identitas Merlin yang sebenarnya, DIJELASKAN!

Makna Nanatsu No Taizai Berdasarkan Ucapan Elizabeth